Senin, 06 April 2020

Bab 8 Agama

BAB 8

PERAN ROH KUDUS BAGI ORANG BERIMAN

Menyelami Roh Kudus di Pentakosta - SELISIP.com


Bacaan Alkitab:
Matius 9:22, Roma 5:1-11, Galatia 2:16, 5:18

A. Pengertian Orang Beriman

Iman adalah kata sifat yang menunjukkan kemampuan memercayai/memercayakan, atau meyakini, yang memiliki kata kerja percaya. Alkitab menyebut iman dengan kata pistis dan pisteo. Iman dan percaya adalah kata-kata penting yang menggambarkan hubungan antara umat yang beriman dan percaya dengan Allah yang diimani dan dipercayai. 
Orang yang beriman adalah orang yang telah memercayakan diri dan hidupnya kepada Allah yang telah memberi anugerah keselamatan di dalam dan melalui Yesus Kristus.

B. Pengudusan

Pengudusan dalam Bahasa Yunani hagiasmos yang berarti:
1. Dipisahkan untuk Allah 
2. Jalan hidup yang sesuai dengan pemisahan tersebut
Pemisahan yang dimaksud adalah pemisahan dari dosa, dikhususkan dan dikuduskan bagi Allah.

C. Pengangkatan 

Roh kudus berperan mengangkat orang-orang percaya menjadi anak-anak Allah. Diangkat menjadi anak-anak Allah berarti melakukan semua kegiatan yang menyenangkan hati Allah dan taat kepadaNya. Kalau diangkat menjadi anak-anak Allah itu semata karena kasih karunia. Oleh karena itu, kita harus menerimanya dengan rendah hati dan penuh syukur.

D. Memberi Pengertian dan Pertumbuhan

Roh kudus memberi pengertian tentang arti Roh Kudus yang memampukan orang percaya memahami hal-hal mengenai Allah. Roh kudus memberi hikmat kepada para penulis Alkitab sehingga mereka dapat menuliskan pernyataan Tuhan denga  n benar dan tepat sesuai dengan kehendak Allah. Dengan pertolongan Roh Kudus kita memiliki buah Roh. Orang percaya membutuhkan pertolongan Roh kudus agar dapat bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus. Pertumbuhan itu terjadi karena Roh Kudus memberi kekuatan yang mengubahkan mental, karakter, dan kepribadian manusia yang sebelumnya telah rusak total menjadi manusia yang memiliki mental, karakter, dan kepribadian yang sesuai dengan pertumbuhan yang mengarah kepada Kristus.

E. Membantu Dalam Berdoa

Tuhan Yesus mengajarkan bagaimana seseorang harus berdoa. Bahwa doa tidak perlu bertele-tele atau dipertontonkan di jalan-jalan. Doa adalah persekutuan dengan Allah. Melalui doa, orang beriman tidak hanya menyampaikan keluhan atau permohonan kepada Allah, melainkan mendengarkan Allah. Namun, demikian harus diakui bahwa tidak semua hal dapat disampaikan kepada Allah karena keterbatasan dan kelemahan manusia.. Roh Kudus menggerakkan orang beriman untuk berdoa kepada Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar