Selasa, 07 April 2020

Bab 11 Agama


BAB 11

IDENTITAS ORANG PERCAYA

Mengapa Remaja Kerap Alami Krisis Identitas? - inilah.com #Rileks

Bacaan Alkitab:
Matius 16:24, 28:18-20, Efesus 1:3-5, 1 Petrus 2:9-10

A. Pengertian Identitas secara umum

Istilah identitas berasal dari bahasa Inggris yaitu identity yang berarti ciri-ciri, tanda atau jati diri. Identitas diri merupakan refleksi diri atau cerminan diri mencakup semua latar belakang diri sendiri yang ditampilkan baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Identitas terdiri dari beberapa jenis yaitu:
1. Identitas seksual
2. Identitas gender
3. Identitas pribadi
4. Identitas agama
5. Identitas nasional

B. Identitas Orang Percaya

1. Murid Yesus

Kualitas hidup seorang murid menurut Matius 16:24:

a. Menyangkal dirinya, artinya menempatkan Kristus sebagai pusat kehidupan dimana seluruh keinginan manusiawi Sang murid ditaklukkan di bawah kehendak Sang Guru.
b. Memikul salib, seorang murid harus memikul salib bukan berarti ia bisa mati seperti Sang Guru, tetapi harus merendahkan diri, menyingkirkan semua gengsi, dan harga diri untuk berbagi dan membangun kehidupan orang lain.
c . Mengikut Kristus, artinya setia mengikuti dan menaati semua firmanNya 

2. Bangsa yang Terpilih

Orang Kristen adalah bangsa yang terpilih. Bangsa ini terdiri dari orang-orang yang dipilih Tuhan. Satu-satunya kriteria menjadi bagian dari bangsa ini adalah pemilihan Tuhan. Bangsa yang terpilih tidak memandang jenis ras, warna kulit, kedudukan sosial, maupun kualitas kerohanian seseorang, melainkan semata-mata hanya berdasarkan pemilihan Tuhan.
2Tes. 2:13b mengatakan, “Sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.” Pemilihan ini tidak didasarkan kepada apa pun juga selain dari kerelaan kehendak-Nya (Ef. 1:3-5), dan berdasarkan kasih karunia-Nya sendiri (2Tim. 1:9). Pemilihan Allah didasarkan kepada diri Allah sendiri sebagai subjek pemilihan dan bukan karena objek pemilihan-Nya. Dengan ini kita menolak pandangan sinergisme yang melihat keselamatan sebagai kerjasama antara penawaran anugerah Allah dengan respons iman dari manusia. Theologi Reformed memegang pandangan monergisme yang melihat bahwa keselamatan adalah sepenuhnya karya anugerah Tuhan. Iman sebagai respons manusia pun merupakan anugerah Tuhan.
3. Umat Kepunyaan Allah
Di luar Kristus kita bukanlah umat Allah, bukanlah orang yang beroleh kasih Allah melainka orang-orang yang berada di bawah kutuk, penghukuman, dan murka Allah, 1 Ptr. 2:10; Rm. 8:1
Didalam Kristus setiap orang percaya adalah milik Tuhan atau kepunyaan Tuhan.
Dan sebagai kepunyaan Tuhan berarti siapa yang mengusik kita berarti mengusik Tuhan, Kis. 9:3-5
Dan sebagai umat kepunyaat Tuhan, kita menerima berkat-Nya, anugerah-Nya, pemeliharaan-Nya, tuntunan-Nya, kelimpahan-Nya, Yoh. 10:10
Sebelumnya kita bukanlah umat Allah, bukanlah orang yang beroleh kasih Allah tetapi orang-orang yang hidup dibawah kutuk, penghukuman  dan murka Allah, 1 Ptr. 2:10; Rm. 8:1
4. Bangsa yang kudus
Berarti kita orang percaya di pisahkan dari dunia untuk hidup bagi Allah sendiri dan bukan lagi hidup bagi diri sendiri apalagi bagi dunia. Hidup bagi Allah berarti hidup menurut kehendak Allah (1 Ptr. 4:1-2)
5. Imamat yang rajani
Imamat yang rajani yaitu imam yang memerintah.

Dalam PL keimaman terbatas pada suatu golongan minoritas tertentu. Tugas mereka secara khusus yaitu mempersembahkan korban kepada Allah mewakili umat-Nya dan berbicara langsung kepada Allah, Kel. 28:1; 2 Taw. 29:11.
Kini melalui Tuhan Yesus Kristus setiap orang yang  percaya kepada-Nya sudah menjadi imam di hadapan Allah, Why 1:6; 5:10; 20:6
Dengan demikian sebagai imam:
- setiap orang percaya dapat boleh langsung menghadap Allah melalui Kristus. kita menghadap Allah melalui Kristus untuk memintah berkat-Nya, meminta pertolongan-Nya, meminta pemeliharaan-Nya dll,  Yoh. 14:6; Ibr. 4:14-16.
- setiap orang percaya berkewajiban hidup kudus, 1 Ptr. 1:14-17.
- setiap orang percaya harus mempersembahkan persembahan sebagai korbah kepada Allah, misalnya tubuh kita dan anggota-anggotanya, Rm 6:13; 12:1, harta kekayaan kita, Rm. 12:13; Flp. 4:18; Mat. 25:31-46.
- Setiap orang percaya harus berdoa syafaat dan saling mendoakan, 1 Tim. 2:1-2; Kol. 4:12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar