Senin, 13 April 2020

Bab 7 Mat Wajib

BAB 7

TRIGONOMETRI

Trigonometri - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas




Dalam matematika, trigonometri diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai hubungan sudut dan sisi dalam sebuah segitigaTrigonometri merupakan salah satu materi matematika tingkat SMA yang banyak membuat siswa mengeluh karena dianggap sulit dipahami. Hal ini diduga karena banyaknya istilah baru yang wajib “dihafal” oleh siswa, apalagi dikolaborasikan dengan rumus-rumusnya yang bisa dibilang cukup banyak. Di lain sisi, siswa sebenarnya tidak dituntut untuk menghafal seluruh rumus yang ada, melainkan harus mampu bernalar dan memahami maksud dan asal muasal rumus yang bersangkutan. Ini adalah PR kita bersama khususnya bagi para guru matematika untuk dapat membuat pemhelajaran trigonometri di kelas menjadi lebih interaktif dan mudah dipahami oleh siswa, dengan catatan tanpa memaksa mereka semata-mata untuk menghafalkan rumus yang tertera di buku paket pelajaran.
         Trigonometri berisi kisah yang cukup panjang, mulai dari bagian dasar sampai kompleks. Kali ini, disediakan soal dan pembahasan mengenai perbandingan trigonometri bagian dasar (pengenalan) dengan cakupan tentang konsep sudut dan penggunaan perbandingan trigonometri, yakni sinuscosinustangensecancosecan, dan cotangen.

Perbandingan Trigonometri

Ada 6 jenis perbandingan trigonometri, yaitu sinuscosinustangencosecansecan, dan cotangen. Perbandingan yang dimaksud adalah pada panjang sisi segitiga siku-siku.

Pada segitiga ABC yang siku-siku di B, berlaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar