Sabtu, 04 April 2020

Bab 3 Agama

BAB 3

CIRI-CIRI BERTUMBUH DEWASA DALAM KRISTUS


Bacaan Alkitab:
Efesus 3:14-21, 4:11-16, Ibrani 5:11-6:8, 2Petrus 3:17-18, Kolose 2:6-7

A. Berakar di Dalam Kristus

Agar seseorang dapat senantiasa menanamkan akarnya di dalam Kristus, ia harus menjadi pribadi yang tekun. Proses pembaruan yang dikerjakan Allah menuntut ketekunan manusia untuk menaatinya. Allah menginginkan manusia dapat mendisiplinkan dirinya sendiri, menetapkan prioritas hidup, dan mengatur waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan hati dan pikirannya kepada Kristus. 

B. Bertumbuh ke Arah Kristus

Allah melakukan pembaruan bagi kehidupan manusia agar manusia mengalami pertumbuhan rohani yang baik dengan mengonsumsi makanan rohani yang sehat. Untuk itu, orang percaya harus memelihara persekutuan pribadi dengan Kristus, mempelajari firman Allah untuk memiliki pengenalan yang benar tentang Allah. Melalui cara demikian, orang percaya dapat bertumbuh semakin kuat dalam imannya kepada Kristus. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membantu proses pertumbuhandalam diri kita dan orang lain. Tuhan memberi kita bermacam-macam sarana untuk bertumbuh: doa dan alkitab, tantangan dan kesaksian hidup. Tetapi, sarana dasar yang paling penting adalah ibadah bersama.

C. Berbuah bagi Kristus

Orang kristen yang hanya puas dengan pengalaman keselamatan biasanya tidak lagi mau bertumbuh dan berbuah. Padahal pertumbuhan seseorang dilihat dari buahnya. Sesungguh kita diminta bertumbuh dan berbuah. Itu adalah dua hal yang berbeda, tetapi saling terkait. Tak mungkin ada buah kalau tidak ada pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses untuk berbuah. Semua tindakan pembaruan, yaitu pemotongan sifat-sifat yang tidak sesuai dengan kehendak Allah atau pembersihan diri segala tingkah laku yang salah memang akan terasa menyakitkan terutama karena menyangkut harga diri, gengsi, dan perubahan kebiasaan. Pohon yang baik akan berbuah baik, begitu pula sebaliknya. Agar kita bisa bertumbuh dan berbuah dengan baik, kita harus tetap tinggal didalam Kristus, dan Kristus di dalam kita, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bersama orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar