Senin, 06 April 2020

Bab 10 Agama

BAB 10

KARUNIA ALLAH DALAM KEHIDUPAN BERSAMA ORANG LAIN

Mengetahui Dan Menggunakan Karunia-karunia Roh | GBI Bethel

Bacaan Alkitab:
Filipi 2:5

A. Pengertian Hidup bersama Orang Lain

Manusia diciptakan sebagai mahluk pribadi dan mahluk sosial. Manusia dapat hidup sebagai manusia hanya jika ia bersama-sama dengan orang lain. Hidup bersama dengan orang lain ditemukan baik dalam keluarga maupun masyarakat secara umum. Hidup bersama bukanlah hal yang mudah, karena setiap orang diciptakan memiliki perbedaan karakter, keinginan, cara pandang, latar belakang, dan segala sesuatu yang berbeda satu dengan yang lain. Jadi, kehidupan bersama orang lain adalah kehidupan sehari-hari yang dialami oleh seseorang baik di tengah keluarga, pergaulan di sekolah maupun masyarakat.

B. Karunia Allah Dalam Kehidupan Bersama Orang Lain

Karunia Allah dalam kehidupan bersama dengan orang lain adalah kehidupan yang diwarnai dengan sikap yang simpati, empati, dan solidaritas.
1. Simpati
Menurut KBBI, simpati berarti; rasa kasih, setuju atau rasa suka dengan orang lain, keikutsertaan kita merasakan perasaan orang lain. Simpati dibangun di atas perasaan. Simpati juga merupakan proses dimana seseorang merasa tertarik kepada yang lain sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan atau di derita orang tersebut. Dalam kebersamaan dengan orang lain, seseorang dapat memberikan atau menerima simpati dari orang lain.

2. Empati
Menurut KBBI, empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasikan diri ke dalam perasaan atau pikiran yang sama dengan orang lain atau kepada kelompok.
Ada orang-orang dengan upah rendah rela mengajar sebagai guru di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau. Sebagai contoh: Bunda Theresa, Nommensen, Fransiscus Xaverius, Emde, dll. Dengan berempati seseorang dapat memberikan hidup yang paling berharga untuk sesamanya.

3. Solidaritas
Menurut KBBI, solidaritas mempunyai arti sifat solider, mempunyai atau memperlihatkan perasaan bersatu atau rasa setia kawan, sifat satu rasa, perasaan setia kawan. Solidaritas merupakan kesepakatan bersama untuk saling mendukung baik untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Solidaritas biasanya terbentuk karena situasi atau tujuan tertentu. Solidaritas biasanya dikacaukan dengan sikap kompromi. Namun, sebagai remaja Kristen, solidaritas tunduk pada otoritas Alkitab, yaitu ya atau tidak. Jadi, solidaritas dalam kehidupan bersama membutuhkan dasar yang benar agar membentuk komunitas masyarakat yang saling menopang dengan benar dalam situasi apa pun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar