Selasa, 03 Maret 2020

BAB 1 Agama

BAB 1

ALLAH MEMBERI PERTUMBUHAN BAGI MANUSIA

Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Serta Tahap-Tahapannya

Bacaan Alkitab:
Keluaran 2:1-10, Mazmur 31:15, 37:23, 139:13-16, Amsal 17:1, Lukas 2:41-52, 1 Korintus 3:1-4, Efesus 4:30-32.

A. Karunia Allah dalam Pertumbuhan Manusia

Alkitab menceritakan pertumbuhan fisik beberapa tokoh putri Firaun dan para dayangnya menemukan seorang bayi laki-laki mengapung di Sungai Nil. Lalu, Putri Firaun menyuruh orang (Miryam) untuk mencari inang pengasuh bayi itu. Inang pengasuhnya adalah ibu dari bayi tersebut. Sesudah disapih, bayi itu dibawa ke istana Firaun dan ia diberi nama Musa yang berarti diangkat dari air. Musa bertumbuh dan berkembang dengan asuhan dari Putri Firaun yang mengangkatnya.
Tidak hanya Musa yang mengalami pertumbuhan fisik, tetapi Yesus sebagai tokoh sentral dalam kekristenan juga bertumbuh makin besar dan bertambah hikmatNya serta menyenangkan Allah dan manusia (Luk 2:52). Seiring dengan bertumbuh secara fisik, setiap orang juga mengalami perkembangan kemampuan secara fisik, moral, maupun secara intelektual dan emosi

B. Arti Bertumbuh Dewasa

Dewasa memiliki arti: 1) sampai umur; akil balig, bukan kanak-kanak atau remaja lagi; 2) telah mencapai kematangan kelamin; 3) matang cara berpikirnya. Seseorang dikatakan dewasa apabila ia dapat bertanggung jawab terhadap pekerjaan sehari-hari dan cinta yang telah diikrarkan khususnya dalam pernikahan. Pribadi yang dewasa tidak akan memikirkan dirinya sendiri atau mengutamakan hal-hal duniawi.

C. Tujuan Allah Memberikan Pertumbuhan

- Agar manusia mengalami segala perbuatan ajaib Allah (Mzm 139:13-16)
- Agar manusia menyadari bahwa Allah sangat dekat dan mengasihi manusia
- Agar manusia memiliki harkat dan martabat mulia
- Agar manusia setiap hari bertumbuh mengenal Penciptanya melalui pengalaman hidupnya.

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar