Minggu, 12 April 2020

Bab 7 Fisika

BAB 7

HUKUM NEWTON GRAVITASI

Hukum Gravitasi Newton dan Contoh Soal

Bunyi Rumus Hukum Gravitasi Newton

Setiap massa menarik massa yang lain dengan gaya segaris yang menghubungkan kedua inti massa. Besar gaya tarik yang terjadi berbanding lurus dengan perkalian dari kedua Massa. Berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua titik massa tersebut.
Seperti itulah bunyi dari hukum gravitasi Newton. Sedangkan yang menyatakan hukum gravitasi Newton universal adalah Isaac Newton. Dia adalah Fisikawan, ahlmatematika, ahli astronomi, filusuf alam, alkiwiawan dan teolog. Dalam tulisannya di Journal Philoshophiae Naturalis Principia Mathematica. Tepatnya pada 5 Juli 1687.
Teori ini dikembangkan lebih jauh lagi bahwa setiap benda angkasa bisa saling tarik menarik. Teori ini bisa menjelaskan peristiwa mengapa bumi berputar mengelilingi matahari.
F = G × (m1 × m2)/r2
Rumus Hukum Gravitasi Newton adalah sebagai berikut:
F= Gaya tarik yang terjadi antara dua benda
G= Konstanta gravitasi umum, dimana besar nilainya yaitu (G = 6,72 x 10-11N.m2.kg-2 )
m1dan m2 = Massa dari masing-masing benda
r= jarak dari kedua benda tersebut
Newton berhasil menemukan teori gaya gravitasi Newton. Dimana di dalamnya berisi penjelasan mengapa semua benda yang dilempar ke atas akan kembali jatuh ke tanah. Ini dikarenakan adanya gaya gravitasi yang terdapat di dalam bumi.
Bahkan bukan cuma bumi saja yang diyakini mempunyai gaya gravitasi. Semua benda juga dinilai memiliki gaya gravitasi. Baik itu benda yang ada di bumi atau benda asing dari luar angkasa.
Namun gaya gravitasi yang dimiliki bumi itu jauh lebih kuat bila dibandingkan dengan gaya gravitasi dari sebuah benda.
Kemudian Newton berhasil menemukan rumus yang dipakai sebagai dasar ilmu pengetahuan modern sekarang ini. Rumus tersebut diberi nama rumus hukum gravitasi Newton.

Fungsi Gravitasi

Ada banyak sekali fungsi gravitasi bumi  berdasarkan pada rumus hukum gravitasi Newton yang bisa kita lihat. Apa saja itu?

1. Gravitasi Matahari

Gaya gravitasi matahari yaitu 274 m/s2. Sementara itu fungsi dari gravitasi matahari bisa mengakibatkan bumi dan berbagai macam benda langit lain berputar pada porosnya. Atau yang yang disebut sebagai rotasi.
Selain itu bumi dan benda langit lainnya juga berputar mengelilingi matahari yang tetap pada orbitnya atau disebut revolusi.

2. Gravitasi Bulan

Bulan memiliki gaya gravitasi 1,62 m/s2. Fungsi dari terjadinya gravitasi bulan adalah saat bulan bergerak mengelilingi bumi dan berada dalam posisi terdekat dengan bumi maka air laut akan mengalami pasang.
Kondisi air laut yang pasang dikarenakan gravitasi bulan menarik air laut kearah bulan. Jadi hal ini mempengaruhi ketinggian ombak serta permukaan air laut saat itu
Ketika bulan purnama air laut pasang dan cukup tinggi. Saat bulan mengelilingi bumi dan pada posisi jauh dengan bumi maka air laut akan surut. Selain itu gravitasi bulan juga berakibat pada menjauhnya bulan dari bumi. Jaraknya  kurang lebih 3,8 m setiap tahun.

3. Gravitasi Bumi

Bumi memiliki gaya gravitasi 6,67 × 10-11 N. Fungsi dari gravitasi bumi adalah untuk rotasi dan revolusi bumi yang dipengaruhi gravitasi matahari dan bumi. Adanya gravitasi bumi ini akan menjaga bumi selalu berputar pada porosnya.
Bulan menjadi satelit alami bumi yang tetap berada dalam orbitnya sebab pengaruh dari gravitasi bumi tersebut. Satelit buatan yang diluncurkan bisa mengorbit karena ada gravitasi bumi.
Selain itu semua benda yang ada di bumi bisa berada pada tempatnya dan semua benda yang ada di bumi mempunyai massa. Manusia juga bisa berjalan dengan baik karena adanya gaya gravitasi bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar