Sabtu, 11 April 2020

Bab 5 Kimia

BAB 5

ELEKTRON VALENSI

√ Elektron Valensi: Pengertian, Rangkuman dan Contoh Soal


Pengertian Elektron Valensi

Elektron valensi adalah elektron dalam atom yang berperan dalam pembentukan ikatan kimia. Pada unsur-unsur golongan utama (IA, IIA, IIIA, hingga VIIIA), elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit elektron terluar.
Electron ini sering kita jumpai pada sistem periodic unsur sebagai electron yang mempunyai kedudukan orbital paling luar dalam sebuah atom. Didalam loga, transisi electron valensi berada pada orbitan dalam. Dengan ada nya electron ini maka dapat menentukan sifat kimia dari suatu unsur dan menentukan unsur atom yang berkaitan dengan unsur lain atau tidak.
Atom yang memiliki electron valensi yang terisi penuh maka akan stabil. Namun jika kelebihan satu atau dua electron maka cenderung reaktif, hal ini di karenakan electron dapat melepaskan dengan mudah sehingga membentuk ion positif. Begitu juga dengan atom yang kekurangan satu atau dua atom maka bersifat reaktif, karena dengan mudah menarik electron dari atom-atom lain sehingga dapat membentuk ion negative.
Elektron Valensi adalah elektron di tingkat energi terluar atom yang dapat berpartisipasi dalam interaksi dengan atom lain. Karena elektron valensi sangat penting, atom dapat diwakili oleh diagram titik elektron yang menunjukkan hanya elektron valensi mereka.
Jumlah elektron valensi dalam atom dapat menyebabkan mereka untuk menjadi tidak aktif atau sangat reaktif. Bagi mereka atom yang reaktif, jumlah elektron valensi juga menentukan apakah mereka cenderung menyerah atau mendapat elektron dalam reaksi kimia.
Logam, yang dengan mudah melepaskan elektron, dapat menghantarkan listrik. Non logam, akan menarik elektron, umumnya tidak bisa. Metaloid seperti silikon dan germanium dapat menghantarkan listrik tapi tidak seperti logam.
Berbicara electron valensi pasti tidak terlepas dari sistem periodic unsur, berikut ini kita akan membahasnya.

Materi Elektron Valensi

Berikut ini adalah materi yang berhubungan dengan electron valensi simak penjelasan berikut ini.

Elektron Valensi pada Tabel Periodik

sistem periodik unsur
Perhatikan gambar di atas, gambar di atas adalah sistem periodik kita akan amati Bersama-sama. Jumlah electron valensi dapat di lihat pada table periodik  di setiap garis atau periode jumlah electron balensi tergolong 1-2 dan 13-18 meningkat lebih besar satu dari unsur yang ke berikutnya. Dalam setiap kolom dan baris elekton valensi memiliki jumlah valensi yang sama. Hal tersebut menjalsakan bahwa unsur yang tergolong memiliki sifat yang sama atau mirip.
Setiap unsur dalam golongan 1 hanya memiliki satu elektron valensi. Contohnya termasuk hidrogen (H), lithium (Li), dan natrium (Na). Setiap unsur dalam golongan 18 memiliki delapan elektron valensi (kecuali helium, yang memiliki total hanya dua elektron). Contohnya termasuk neon (Ne), argon (Ar), dan kripton (Kr). Oksigen, seperti semua unsur lain dalam kelompok 16, memiliki enam elektron valensi.

Fungsi Elektron Valensi

Fungsi electron valensi paling mendasar adalah pembentukan ikatan kimia. Pada unsur-unsur golongan utama (IA, IIA, IIIA, hingga VIIIA), elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit elektron terluar. Selain itu dapat menangkap dan melepaskan electron pada atom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar